Hubungan keadaan geografis rusia dengan industri berat di rusia.

OLEH:

DONY PURNOMO

  1. Keadaan geografis rusia.

Wilayah Rusia berada pada benua Eropa, khususnya Eropa Timur serta benua Asia di mana Pegunungan Ural menjadi batas antara kedua benua. Wilayah paling luas adalah Siberia yang umumnya beriklim tundra. Karena letaknya di belahan bumi yang paling utara, maka wilayah perairan Rusia umumnya tertutupi es dengan beberapa laut yang bebas es yakni Laut Barents, Laut Putih, Laut Kara, Laut Laptev dan Laut Siberia Timur yang merupakan bagian dari Arktik atau kutub utara, serta Laut Bering, Laut Okhotsk dan Laut Jepang yang merupakan bagian dari Samudra Pasifik.

Rusia memiliki beberapa pulau, antara lain Novaya Zemlya, daratan Franz-Josef, kepulauan Siberia Baru, pulau Wrangel di Samudra Arktik, Kepulauan Kuril dan Sakhalin (yang masih dipersengketakan dengan Jepang). Rusia memiliki beberapa sungai, di antaranya Sungai Dnephr (perbatasan degan Ukraina) dan Sungai Volga. Selain itu terdapat Laut Kaspia serta Laut Hitam yang berbatasan dengan Turki. Melalui Selat Bosphorus dan Selat Dardanela, kapal-kapal Rusia dari Laut Hitam dapat berlayar menuju Laut Tengah dan Terusan Suez.

Sebagian besar wilayah Rusia berada di lintang utara. Iklim kutub mempengaruhi wilayah utara mulai dari Arkhangels hingga Siberia. Iklim 4 musim didominasi musim dingin selama 5 bulan sejak November–Maret, musim semi bulan April–Mei, musim panas bulan Juni–Agustus, dan musim gugur bulan September–Oktober.

  1. Keadaan industri logam berat di rusia.

Rusia merupaka salah satu Negara yang memimpin dari produksi mineral, dan penguasa dari CIS production dari rangkaian produksi mineral yang termasuk didalamnya, logam, mineral dan bahan bakar. Pada tahun 2005 memimpin dalam hal produksi dari komoditi mineral seperti aluminum; arsenic; asbestos; bauxite; boron; cadmium; cement; coal; cobalt; copper; diamond; fluorspar; gold; iron ore; lime; lithium; magnesium compounds and metals; mica scrap, sheet, and flake; natural gas; nickel; nitrogen; oil shale; palladium; peat; petroleum; phosphate; pig iron; potash; rhenium; silicon, steel; sulfur; titanium sponge; tin; tungsten; and vanadium. Pada tahun 2005 nilai dari barang tambang dan bahan baker minyak meningkat 3%, disbanding dengan tahun 2004 dan pada tahun ini harga barang tambang adan bahan baker minyak terus cenderung naik.

Produksi didalam pengolahan sektor mineral ini adalah sangat terpusat karena Negara ini adalah Negara komunis. Lebih dari 10 mineral ini dikuasai oleh satu perusahaan misalnya, Gazprom menguasai hamper seluruh produksi natural gas di Russia, Noril’sk Nickel Mining and Metallurgical Company (MMC) memproduksi hampir lebih dari 90% dari Russian nickel dan platinum-group metals (PGM), dan ALROSA Company Ltd.

  1. Hubungan keadaan geografis rusia dengan industri logam berat.

Rusia ini walau berada didaerah yang tidak banyak sinar mataharinya, dia mempunyai banyak sekali bahan tamabang baik itu logam, mineral maupun bahn baker minyak seperti aluminum; arsenic; asbestos; bauxite; boron; cadmium; cement; coal; cobalt; copper; diamond; fluorspar; gold; iron ore; lime; lithium; magnesium compounds and metals; mica scrap, sheet, and flake; natural gas; nickel; nitrogen; oil shale; palladium; peat; petroleum; phosphate; pig iron; potash; rhenium; silicon, steel; sulfur; titanium sponge; tin; tungsten; and vanadium. Yang semua ini karena pengaruh adanya platform

Karena Negara rusia adalah merupakan salah satu Negara yang sudah maju IPTEKnya dan juga SDMnya yang membuat mereka dapat mengeksploitasi semua kekayaan alamnya terutama barang tambang mineralnya, sehingga membuat rusia menjadi Negara industri walaupun berada didaerah lintang tinggi yang sering tertutupi oleh salju.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: